Pages

Senin, 30 September 2019

Kisah penciptaan Malaikat Jibril

Assalamu'alaikum wr wb sahabat bagaimana kabarnya  semoga dalam keadaan sehat selalu dan jika ada yang sakit semoga Allah memberikan kesembuhan

Pada pembahasan kali ini kita akan menganalisa sebuah cerita yang sudah banyak tersebar di internet yaitu ketika malaikat jibril As baru diciptakan

Rasulullah Saw Bersabda :

"Allah Swt Menciptakan Malaikat Jibril As dengan Rupa yang sebaik-baiknya dan DIA jadikan 600 sayap dan tiap-tiap sayap jaraknya antara Timur sampai Barat".

Dengan Penciptaan yang luar biasa itu, maka Jibril berkata Kepada Allah Swt :
"Yaa Allah, adakah Engkau telah Menciptakan Makhluk lain yang lebih indah Wajahnya daripada aku?".

Allah Swt menjawab : "Tidak ada".

Maka bangkitlah Jibril As, lalu Shalat dua rakaat, sebagai bentuk rasa Syukurnya kepada Allah Swt...Dimana tiap rakaatnya, saat berdiri dia lakukan selama 20.000 tahun!

Ketika selesai Shalat, Allah Swt Berfirman :
"Wahai Jibril, kamu telah Menyembah-Ku dengan bersungguh-sungguh dan tidak ada satupun yang menyembah AKU seperti Ibadahmu itu".

"Akan tetapi, akan datang pada akhir Zaman, Seorang Nabi Mulia yang AKU Kasihi, Bernama Muhammad".

"Dia mempunyai Ummat yang lemah, lagi berdosa...Mereka melakukan Shalat dua raka'at, kadang lalai, tidak sempurna dan dalam waktu yang sebentar saja".

"Namun, Demi Rahmat-Ku, Shalat mereka lebih AKU sukai daripada Shalatmu...Itu karena, Shalat mereka berdasarkan Perintah-Ku, sedangkan kamu melakukan Shalat tanpa Perintah-Ku".

Lalu Malaikat Jibril bertanya :
"Yaa Allah...Apakah yang Engkau berikan kepada mereka, sebagai balasan atas Ibadah mereka?"

Allah Swt menjawab :
"Aku berikan mereka Surga Ma'wa".

Mendengar Nama Surga Ma'wa, Jibril pun meminta izin Kepada Allah Swt untuk melihat Surga itu dan Allah Mengabulkan permintaan Jibril.

Maka dengan perasaan senang, lalu ia mengepakkan seluruh sayap-sayapnya dan terbang...Setiap kali ia buka sepasang sayapnya, ia dapat menempuh jarak sejauh perjalanan 300.000 tahun dan setiap kali ia tangkupkan sayapnya, ia dapat menempuh jarak seperti itu juga.

Malaikat Jibril terbang sedemikian rupa selama 300.000 tahun, namun ia tidak mampu melihat Surga Ma'wa.

Kemudian hinggaplah ia pada bayang-bayang sebuah pohon dan ia pun Sujud kembali kepada Allah Swt, lalu dalam Sujudnya ia berkata :

"Yaa Allah...Adakah aku telah mencapai separuh Surga itu atau sepertiga, atau seperempatnya?".

Allah Swt Menjawab :
"Wahai Jibril, sekiranya kamu terbang selama 300.000 tahun lagi dan AKU berikan kepadamu kekuatan lagi seperti kekuatanmu saat ini, serta AKU tambah sayap-sayapmu dan kamu terbang, seperti yang telah kamu lakukan".

"Wahai Jibril, kamu tidak akan mencapai sepersepuluhnya dari apa yang AKU berikan kepada Ummat Muhammad...Sebagai balasan Pahala atas Shalat mereka dua raka'at".

Dari cerita tersebut kami menemukan beberapa kejanggalan tentu yang pertama adalah tidak disebutkan siapa yang meriwayatkan kisah tersebut

Kemudian yang kedua hadiah surga bagi yang mengerjakan shalat yang dikerjakan kadang lalai, tidak sempurna dan dalam waktu yang sebentar saja

kisah ini bertentangan dengan Al-Qur'an

Allah Swt berfirman : Maka kecelakaanlah bagi orang – orang yang shalat, (yaitu) orang – orang yang lalai dari shalatnya,” (QS. Al-Maa’uun: 4-5).

Kemudian yang terakhir adalah hadiah surga yang begitu jauh dan tidak adanya disebutkan keindahan surga

biasanya ketika Allah menjanjikan surga bagi mereka yang berbuat suatu kebaikan maka yang disebutkan adalah keindahan surganya

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah
diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 25)

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam surga dan kenikmatan, mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka; dan Rabb mereka memelihara mereka dari azab neraka. Dikatakan kepada mereka): “Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan”. Mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli (QS. Ath-Thuur : 17-20)

“Ketika penduduk surga masuk ke dalamnya, Allah  berfirman, ‘Kalian ingin Aku menambah (nikmat) untuk kalian?’ Penduduk surga pun berkata, ‘Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke surga dan menyelamatkan kami dari neraka?’ Rasulullah berkata, “Allah  membuka hijab (sehingga mereka melihat Allah). Tidaklah mereka diberi nikmat yang lebih mereka senangi selain melihat Rabb mereka.” Kemudian Rasulullah membaca al-qur'an yang artinya : “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. (Yunus: 26).” (HR. Muslim)

itulah sedikit analisis kami tentang kisah tersebut namun bukan berarti kami menganggap cerita itu palsu dan tidak bisa dipercaya kebenarannya namun bukan berarti juga kami membenarkan cerita tersebut akan tetapi ini adalah salah satu bentuk kehati-hatian dalam menerima sebuah informasi

terimakasih sudah menonton dan jika dirasa chanel ini bisa memberikan kebaikan-kebaikan dukunglah kami dengan memberikan subcribe

“Dan saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan, dan jangan kalian tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.”
(QS. al-Maidah: 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar